Home » » Ternyata Everest Bukan Gunung Tertinggi Di Duinia

Ternyata Everest Bukan Gunung Tertinggi Di Duinia

Mungkin dari kecil kita semua sudah tahu kalau gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia. Termasuk saya. yang dulu doyan banget baca buku pintar. ( padahal sampe sekarang belum pinter - pinter ). Tetapi percaya atau tidak, Everest tak sehebat itu. Gunung itu bukanlah gunung tertinggi di dunia. Wah.. Kok bisa gitu yah? Apa selama ini orang - orang salah ngukur tingginya? Hmmm.. Mari kita bahas hal ini

<tbody></tbody>
Gunung Everest

Tinggi
Sebeum kita melangkah lebih jauh, mari kita bahas tentang definisi tinggi terlebih dahulu. Sebenarnya, ada dua syarat suatu benda dapat dikatakan tinggi. Pertama, memiliki jarak terjauh diukur dari dasar ( permukaan laut ). Hal ini yang umum digunakan dalam pengukuran. Dan yang kedua adalah, memiliki jarak terjauh dari pusat Bumi.

Yap.Gunung Everestmemenuhi syarat tinggi yang pertama. Menjulang 8.850 meter diatas permukaan laut, membuatnya objek paling tinggi di muka bumi. Namun, ia tidak memenuhi syarat tinggi yang kedua. Kenapa? Bumi kita ternyata tidak benar - benar bulat, tapi lebih cenderung berbentuk oval. Diameterkhatulistiwalebih besar 21 Km ketimbang diameter antar kutub. Konsekuensinya, objek yang berada disekitar garis khatulistiwa lebih dekat dengan atmosfer Bumi.


Gunung Chimborazo, adalah gunung tertinggi di dunia berdasarkan syarat tinggi kedua. Gunung ini berada 1,5 derajat LS, sementara Everest lebih jauh lagi dari lengkung Bumi pada 28 derajat LU. Jadi, meskipun Gunung Chimborazo 2.540 meter lebih dekat ke permukaan laut ketimbangEverest, tetapi 2.202 meter lebih jauh dari pusat Bumi. Gunung ini menonjol lebih tinggi ke angkasa daripada Gunung Everest.

<tbody></tbody>
Gunung Chimborazo

Everest Tetap Hebat
Tahukah kamu? Untuk mendaki dan mencapai puncak Everest diperlukan dana sekitar US$65.000. Dan Everest bisa saja menjadi gunung yang benar - benar paing tinggi ditinjau dari kedua syarat tinggi itu. Karena Everest bertambah tinggi sekitar 5 - 10 mm setiap tahun ketika massa tanahIndiamembentur Asia, mendorong Tibet menjadi lebih tinggi. Jadi, dalam waktu setengah juta tahun lagi,Everestadalah mutlak gunung tertinggi di dunia.

Epilog
Semua parameter sebenarnya relatif. Tergantung dari sudut pandang kita masing-masing. Begitupula dalam hidup. Kita sering kali merasa minder, dan malu ketika memiliki kekurangan. Padahal jika kita mau melihat dari sisi lain, kita tentu memiliki suatu kelebihan. Seperti yang terjadi pada Everest. Yang ternyata bukan tertinggi dari suatu sisi. Orang bijak berkata, diatas langit, masih ada langit
Sobat baru saja membaca artikel yang berkategori Unik dengan judul Ternyata Everest Bukan Gunung Tertinggi Di Duinia. Jika sobat rasa artikel ini menarik silakan di share dengan meninggalkan URL http://gunturyulianto12.blogspot.com/2014/08/ternyata-everest-bukan-gunung-tertinggi.html. Terima kasih atas kunjungannya!

0 komentar:

Posting Komentar