Home » » 5 Rekor Dunia Dalam Kategori Alam

5 Rekor Dunia Dalam Kategori Alam


Apa yang terhampar di atas permukaan bumi, memiliki rekor tersendiri yang menakjubkan jika kita amati. Mulai dari yang terdalam, tertinggi hingga rekor ter lainnya. Berikut uniknya.com himpun, 5 rekor di dunia dalam kategorialam:
1. Laut Terbesar
Laut Tengah, kadangkala disebutLaut Mediteraniaadalahlautantarbenua terletak antara Eropadi utara,Afrikadi selatan danAsiadi timur, mencakup wilayah seluas 2,5 juta km. Pada masa lalu, laut ini merupakan jalur lalu lintas yang sibuk, memungkinkan perdagangan dan pertukaran budaya antara orangMesir,Yunani Kuno,Romawi KunodanTimur Tengah.SejarahMediteraniapenting untuk pengertian asal dan perkembanganPeradaban Barat.
[spoiler]
Laut Mediterania (Sumber: wikimedia.org,uniknya.com)
[/spoiler]
2. Samudera Terbesar dan Terdalam
Samudra PasifikatauLautan Teduhadalah kumpulanairterbesar di dunia. Ia mencakup kira-kira sepertiga permukaan Bumi, dengan luas sebesar179,7 juta km(69,4 juta mi). Panjangnya sekitar15.500 km(9.600 mi) dariLaut BeringdiArktikhingga batasan es diLaut RossdiAntartikadi selatan. Samudra Pasifik mencapai lebar timur-barat terbesarnya pada sekitar 5 derajat U garis lintang, di mana ia terbentang sekitar19.800 km(12.300 mi) dariIndonesia hingga pesisirKolombia. Batas sebelah barat samudra ini biasanya diletakkan diSelat Malaka. Titik terendah permukaan BumiPalung Marianaberada di Samudra Pasifik. Samudra Pasifikyang memiliki kedalaman rata-rata 13.215 kaki, yang menjadikannya sebagai samudera terdalam di dunia.
[spoiler]
Samudra Pasifik (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)
[/spoiler]
Samudra Pasifik berisi sekitar 25.000 kepulauan (lebih dari jumlah kepulauan yang berada di lautan dunia lainnya jika digabung), yang mayoritas terletak di selatan khatulistiwa. (Lihat:Kepulauan Pasifik.)
3. Samudra Terkecil
Samudera Arktik, berlokasi di belahan utara bumi dan kebanyakan berada di wilayahArktikKutub Utara, adalah samudra terkecil dan terdangkal di antara lima samudra di dunia. MeskipunOrganisasi Hidrografik Internasional(IHO) menganggapnya sebagai samudra, para ahli samudra menyebutnyaLaut Mediteranian ArktikatauLaut Arktik, mengklasifikasikannya sebagai satu dari Laut Mediteranian yang tergabung dalam Samudra Atlantik. Sebagai samudra terkecil,Samudra Arktik hanya memiliki luas 5.427.000 mil.
[spoiler]
amudera Arktik (sumber:blogspot.com)
[/spoiler]
4. Teluk Terbesar
Teluk terbesar adalah Teluk Meksiko yang memiliki luas 615.000 mil atau 1,6 juta km.Teluk Meksikoadalah sebuah bagian dariLaut Karibiayang dibatasi olehMeksikodi sebelah barat dan selatan sertaAmerika Serikatdi sebelah utara dan barat. New OrleansdanHoustonmerupakankotapelabuhan utama di teluk ini. DiAmerika Serikat, negara bagian yang melintasi teluk ini adalahFlorida,Alabama,Mississippi,Louisiana, danTexasserta diMeksiko, negara bagian yang melintasi teluk ini adalahTamaulipas,Veracruz,Tabasco,Campeche,Yucatn, danQuintana Roo.
[spoiler]
Teluk Meksiko (Sumber:blogspot.com,uninknya.com)
[/spoiler]
5. Gunung Terbesar
Gunung terbesar adalah Mauna Loa diHawaii. Hanya 4.100 m (13.448 kaki) dari gunung tersebut berada di atas permukaan laut. Tetapi apabila diukur dari dasar laut, ketinggian Mauna Loa melebihi Everest kurang lebih 3/4 mil. Mauna Loa mempunyai volume sebesar 15.520 km (9.700 miles).(**)
[spoiler]
Sobat baru saja membaca artikel yang berkategori Unik dengan judul 5 Rekor Dunia Dalam Kategori Alam. Jika sobat rasa artikel ini menarik silakan di share dengan meninggalkan URL http://gunturyulianto12.blogspot.com/2014/08/5-rekor-dunia-dalam-kategori-alam.html. Terima kasih atas kunjungannya!

0 komentar:

Posting Komentar